Senin, 19 Juni 2017

Cara Mudah Untuk Membeli Tiket Kereta Untuk Mudik Lebaran

Tags

Musim mudik seperti ini biasanya yang banyak dicari adalah tiket, baik tiket pesawat ataupun tiket kereta ataupun tiket bis. Jaman dulu orang membeli tiket harus antri di stasiun ataupun harus membeli dari joki, tetapi jaman sekarang kita tidak perlu antri untuk mendapatkan tiket.

Khusus untuk tiket kereta kita bisa membelinya secara online tanpa perlu antri sehingga dijamin kamu akan mendapatkan tiket dengan harga yang wajar dan tentu saja nyaman. Pengalaman saya membeli tiket kereta melalui jasa online yang sudah banyak tersedia seperti pegipegi, tokopedia, traveloka dan lain-lain rasanya sangat nyaman sekali. Saya tidak perlu keluar rumah untuk mendapatkan tiket kereta dan saya juga bisa memilih tempat duduk yang saya inginkan.

Tipsnya adalah jangan terlalu mepet ketika akan membeli kereta api, harus direncanakan jauh hari apalagi jika musim mudik lebaran seperti ini. Tiket kereta pasti cepat sekali habisnya. Saya pernah membelikan tiket kereta untuk pulang mudik pada seorang teman, saya memberikannya sekitar 20 hari sebelum mudik lebaran dan saya tetap mendapatkan tiketnya.



Pilih yang paling mudah cara bayarnya 


Satu lagi tips yang bisa kamu terapkan ketika akan membeli tiket kereta api, adalah cara pembayaran yang paling mudah. Rata-rata pembayaran dilakukan via transfer ATM atau bank, tetapi untuk konfirmasi pembayarannya kadang bisa dilakukan secara otomatis ataupun manual. Kalau saya pilih yang otomatis jadi ketika kita sudah membayarkan uang melalui transfer ATM, mereka memiliki sistem otomatis untuk mendeteksi pembayaran kita. Jika Pembayaran sudah dilakukan maka tiket akan dikirimkan ke email ataupun via SMS.

Tiket ini berupa kode, yang nantinya kode ini bisa ditukarkan dengan tiket fisik di stasiun kereta api. Jadi lebih fleksibel dan tidak susah.

Tips lagi : Harus membayar dengan lengkap artinya setiap pembayaran invoice kereta api biasanya disertai dengan kode unik. Kode unik ini untuk mengidentifikasi pembayaran. Jadi Pastikan kamu membayar dengan lengkap

Untuk tiket pesawat, saya belum pernah mencobanya karena memang belum pernah membeli via online tetapi saya yakin prosedurnya juga sama hanya saja mungkin kita tidak bisa memilih tempat duduknya

Tiket kereta api tidak harus di cetak 12 jam sebelum keberangkatan

Pihak kereta api juga menyediakan pembayaran online 


Ironisnya Disini, pihak kereta api itu juga menyediakan pembelian tiket secara online tetapi saya pernah mencoba membeli tiket di sana tetapi sistemnya sangat sulit dan Ribet sekali. Untuk harganya sama saja. Jadi saya memilih yang paling mudah dan memutuskan untuk memilih pihak ketiga seperti Tokopedia ataupun pegipegi.


EmoticonEmoticon