Kamis, 05 Januari 2017

Kelebihan Fitur Chanel pada Telegram dibandingkan dengan Whatsapp

Tags

Saya baru sadar kenapa para pemilik online shop menggunakan telegram untuk berdiskusi atau membangun kolam ikan yang berisi pelanggan-pelanggan lama. Telegram merupakan aplikasi sejenis WhatsApp tetapi memiliki beberapa keunggulan dan fitur yang unik. Fitur uniknya antar lain kita bisa membuat channel yang bisa diisi dengan kontak konsumen lama ataupun konsumen baru. Fitur channel ini nantinya digunakan untuk menjual produk ataupun memberitahukan kalau kita mengadakan promo atau event.

telegram vs whatsapp

Channel ini sistemnya komunikasi satu arah, artinya hanya pemilik channel tersebut yang bisa melakukan komunikasi atau mengirim pesan. Sedangkan para anggota channel yang tergabung di dalam nya tidak bisa mengirim pesan. Disini kita sebagai pemilik channel membatasi percakapan yaitu hanya kita yang boleh berbicara. Batasan ini akan meminimalisir penggunaan channel untuk hal yang tidak seharusnya.

Berbeda dengan grup, jika kita menggunakan grup untuk berjualan maka semua anggota di grup tersebut bisa melakukan pengiriman pesan Artinya mereka bisa menggunakan group tersebut untuk berjualan ataupun melakukan aktivitas promosi. Artinya, seseorang bisa memanfaatkan grup tersebut bukan hanya pemilik grup.

Jadi perbedaan antara WhatsApp dan telegram adalah fitur channel ini. WhatsApp tidak memiliki fitur channel dan jumlah member dalam grup WhatsApp hanya dibatasi sekitar 200 orang. Sedangkan member grup di telegram dibatasi sampai dengan 5000 anggota. Saya rasa jika membandingkan fitur antara WhatsApp dan telegram kemungkinan besar masih lengkap telegram, tetapi jika perbandingannya adalah popularitas mereka WhatsApp jauh lebih populer.

Saya ingat whatsApp berdiri sekitar tahun 2011 kalau tidak salah tahun itu, kemudian facebook melihat potensi dari WhatsApp dan akhirnya membelinya. Secara otomatis popularitas whatsApp meningkat tajam karena didukung sepenuhnya oleh Facebook.

Pada saat itu WhatsApp menjadi pemain tunggal di bidang Messenger dan terus mencaplok pasarnya blackBerry Messenger. Kemudian muncullah telegram yang menawarkan fitur dan kecepatan melebihi WhatsApp

Telegram juga lebih fleksibel karena bersifat open source sehingga developer bisa membuat aplikasi tambahan untuk telegram. Saya ingin membuat sebuah aplikasi yang bisa mengirimkan reminder, aplikasi ini nantinya berbasis website sehingga saya bisa mengirimkan pesan melalui website secara otomatis. Tapi kemungkinan masih sangat lama karena kesibukan saya dan tingkat kesulitan aplikasi ini

Saya malah jadi melantur membicarakan telegram ini, yang pasti perbandingan telegram dan WhatsApp memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing. Kekurangan telegram menurut saya memang belum begitu sepopuler whatsApp, tetapi saya rasa ini hanya masalah waktu saja. Akan tiba saatnya telegram akan bersanding sejajar dengan Whatsapp.

Kekurangan satu lagi adalah telegram berbasis website tidak semudah pada WhatsApp. Pada telegram kita diharuskan untuk mengisi suatu kode verifikasi yang dikirim via SMS. Sedangkan WhatsApp hanya perlu untuk menscan sebuah barcode saja dan kemudian bisa menggunakan watsapp berbasis website.

Menurut saya hanya itu saja sebenarnya. Kalau Pendapat kamu gimana?

4 comments

Wa kok brdri 2011
Saya 2009 dah pke wa di symbian brayy..

Saya prediksi telegram juga akan lebih populer karena, media bersama di chanel utuh meskipun pernah uninstal aplikasi nya. Kurang lebih nya komentar saya tolong di luruskan

Informasinya sangat membantu.

Cek Juga CRYPTOWARIORID Buat Yang nyari berita informasi dan edukasi harian mengenai bitcoin, harga bitcoin dan Airdrop Legit Terbaru

Informasinya sangat membantu.

Cek Juga www.cryptowariorid.xyz Buat Yang nyari berita informasi dan edukasi harian mengenai bitcoin, harga bitcoin dan Airdrop Legit Terbaru


EmoticonEmoticon