Jumat, 21 Juli 2017

Chester Bennington, Vokalis Linkin Park Meninggal! Ternyata Ini Penyebabnya...

Tags

Chester Bennington, vokalis utama band LinkinPark dilaporkan telah meninggal dunia di usia yang ke-41 pada tanggal 20 Juli 2017. Hingga saat ini, belum ada keterangan resmi dari keluarga maupun manajemen band Linkin Park.

Awal tahun ini, tepatnya pada tanggal 19 Mei 2017, Linkin Park telah merilis album baru bertajuk One More Light dan berencana untuk menggelar tur dunia. Sayangnya, vokalis grup band Linkin Park yang sangat populer di seluruh dunia, termasuk di Indonesia, Chester Bennington ditemukan meninggal karena gantung diri.

Chester sudah merilis tujuh album bersama Linkin Park. Mike Shinoda, salah satu pendiri Linkin Park atas nama grup band Linkin Park menyatakan sangat terkejut dan terpukul dalam cuitan di Twitter. Chester selama ini memang terbuka tentang ketergantungan pada alkohol dan obat terlarang.

Chester Bennington, Vokalis Linkin Park Meninggal! Ternyata Ini Penyebabnya... - Chester Bennington
Dok. Istimewa: Chester Bennington dan Mike Shinoda.
Video Klip Terakhir

Ada kejadian yang menarik. Tepat satu jam sebelum Chester Bennington dinyatakan meninggal karena bunuh diri, band Linkin Park mengupload sebuah video di Youtube.

Video tersebut kini menjadi video terakhir Linkin Park bersama Chester Bennington. Satu jam setelah video tersebut diupload, situs TMZ melaporkan bahwa vokalis Linkin Park, Chester Bennington meninggal dunia.

Nampaknya Mark Fiore, sutradara video klip Linkin Park, tidak mengira bahwa video tersebut kini menjadi layaknya penghormatan terakhir (tribute) bagi Chester Bennington. Video itu menampilkan potongan-potongan suasana konser Linkin Park dengan penonton yang membludak dan berteriak-teriak.

Bukan hanya itu, lirik tersebut juga seolah berkaitan dengan kehidupan Chester Bennington yang berjuang dengan obat-obatan, alkohol, dan pemikiran tentang bunuh diri.

Bagaimanapun, Linkin Park, khususnya Chester Bennington pernah menyemangati masa remaja generasi ‘90an dan banyak teman-teman lainnya.

Bunuh Diri

Bunuh diri memang menjadi momok yang sangat menakutkan. Di Daerah Istimewa Yogyakarta, tepatnya di Gunungkidul, ada suatu wilayah dimana penduduknya banyak yang melakukan bunuh diri/gantung diri. Tempat itu dikenal dengan nama Pulung Gantung.

Fenomena tersebut pernah ditulis oleh Darmaningtyas, dengan buku yang berjudul Pulung Gantung. Darmaningtyas merupakan seorang sarjana jebolan Fakultas Filsafat Universitas Gadjah Mada.

Apakah Chester Bennington juga mendapat pulung gantung? Tidak ada yang tahu.

Chester Bennington, Vokalis Linkin Park Meninggal! Ternyata Ini Penyebabnya... - Gantung Diri
Dok.Istimewa: Alat untuk gantung diri.
Pertolongan Pertama Gejala Bunuh Diri

Apabila ada teman, keluarga, atau Anda mengenal seseorang yang sedang memiliki minat dan gagasan untuk bunuh diri, mari luangkan waktu sejenak untuk membantu mereka!

Arahkan kawan atau saudara kalian itu kepada beberapa aktivis yang bisa menolong untuk curhat dan konsultasi lebih lanjut. Ingat, banyak sekali kawan-kawan kita yang berjuang menghadapi depresi dan pikiran-pikiran kalut setiap hari.

Chester Bennington, Vokalis Linkin Park Meninggal! Ternyata Ini Penyebabnya... - Sendiri
Dok.Istimewa: Anda tidak sendirian.
Salah satu komunitas yang bergerak dalam pendampingan untuk orang-orang yang tertarik dengan bunuh diri adalah komunitas Into the Light. Komunitas ini bisa dikontak melalui email di pendampingan.itl@gmail.com. Komunitas tersebut juga bisa dihubungi lewat Facebook, Twitter, dan Instagram.

Bukan kebetulan bahwa album terakhir Linkin Park adalah One More Light dan komunitas yang memberikan pendampingan pada orang yang tertarik dan memiliki gagasan untuk bunuh diri adalah komunitas Into The Light.

Satu hal yang pasti: percayalah, kalian tidak sendirian!


EmoticonEmoticon