Kamis, 20 Juli 2017

Gatotkaca Muncul Di Mobile Legends! Legenda Nuswantara Makin Terungkap, Ternyata Gatotkaca...

Gatotkaca yang dijadikan sebagai hero terbaru di game Mobile Legends merupakan hero yang paling fenomenal. Karakter ini diambil dari kisah pewayangan Mahabarata. Sedangkan untuk tampilan visualnya, karakter ini diambil dari serial komik Garudayana ciptaan Is Yuniarto.

Hadirnya Gatotkaca, seorang kesatria yang berasal dari Nuswantara (Indonesia) di game yang sedang naik daun: Mobile Legends, tentu saja bukanlah suatu kebetulan. Bila mengacu kepada jejak-jejak kisahnya, Gatotkaca memang merupakan salah satu putra leluhur bangsa ini.

Tokoh wayang sekaligus tokoh sejarah ini merupakan putra dari Bima atau Werkudara, yang merupakan kakak dari Arjuna. Gatotkaca mempunyai kerajaan bernama Pringgodani, dan keratonnya berada di wilayah Sulawesi. Makanya, di wilayah tersebut banyak sekali batu-batuan yang berkaca-kaca, seperti batu marmer.

Berdasarkan sejarahnya, Raja Pringgodani ini mempunyai banyak teknologi atau ajian. Diantaranya caping basunanda, kotang antakusuma, terompah padakacarma, serta brajamusti, brajadenta, dan brajalamatan. Teknologi-teknologi tersebut mempunyai fungsi dan perannya masing-masing.

Gatotkaca Muncul Di Mobile Legends! Legenda Nuswantara Makin Terungkap, Ternyata Gatotkaca... - Gatotkaca
Dok. Istimewa: Gatotkaca, Raja Pringgodani.

Gatotkaca Garudayana

Dalam serial komik Garudayana, disebutkan bahwa Gatotkaca memiliki ajian, yaitu Ashura’s Blood, Antakusuma’s Armor, Flight Attack, dan Brajamusti Glove.

Ashura’s Blood merupakan bakat yang ada di dalam diri Gatotkaca. Ashura mempunyai arti raksasa. Hal ini sangat wajar karena Gatotkaca merupakan putra dari Bima dan Arimbi (Hidimbi). Arimbi merupakan seorang raksasa perempuan yang sangat sakti. Ia jatuh cinta kepada Bima. Akhirnya mereka menikah dan melahirkan seorang putra yang memiliki darah manusia dan raksasa.

Selanjutnya ada Antakusuma’s Armor. Dalam serial Garudayana, fungsi dari baju zirah ini hanya sebagai penahan serangan dan penambah kekuatan. Dalam pewayangan Jawa, justru Kotang Antakusuma inilah yang membuatnya bisa terbang.

Berikutnya adalah ajian Flight Attack, yang merupakan serangan dari udara. Karena bisa terbang, maka putra Bima ini dapat menyerang musuh dari angkasa. Terakhir adalah Brajamusti Glove. Digambarkan ajian ini berada di tangan kiri dengan warna perak saat digunakan.

Gatotkaca Mobile Legends

Gatotkaca Muncul Di Mobile Legends! Legenda Nuswantara Makin Terungkap, Ternyata Gatotkaca... - Game Mobile
Dok. Istimewa: Game Mobile

Dalam game Mobile Legends, hero Gatotkaca memiliki skill pasif yang bernama Steel Bones. Fungsinya jelas untuk bertahan, dimana jumlah HP yang hilang justru akan menambah physical defense sebanyak 4%.

Kemudian ada Blast Iron Fist yang mampu membuat gempa dengan menghentakkan kakinya ke tanah. Efek dari serangan ini adalah musuh akan melambat. Selanjutnya ada Unbreakable. Skill ini seperti sihir yang berbentuk lingkaran di sekelilingnya. Dengan skill ini Gatotkaca justru akan diserang oleh musuhnya, tetapi ia mampu memberikan serangan balasan yang menyebabkan damage yang besar untuk musuhnya.

Sebelumnya bernama Avatar of Guardian, tetapi kini bernama Doom Fist. Dengan skill ini, hero Gatotkaca bisa terbang dan melakukan serangan dari udara. Serangan ini sangat berbahaya.

Dari ketiga karakter Gatotkaca, baik di pewayangan Jawa, Garudayana, dan Mobile Legends, ada satu kekuatan yang menjadi ciri khas dari tokoh ini, yaitu bisa terbang.

Anti Gravitasi?

Interaksi dari dua benda yang memiliki massa dan menempati ruang akan menimbulkan besaran percepatan. Besaran percepatan inilah yang disebut dengan gravitasi. Jadi massa benda akan bernilai sebanding dengan gravitasi. Sedangkan nilai gravitasi akan berbanding terbalik dengan kuadrat jarak benda yang diukur nilai percepatan gravitasinya.

Gatotkaca Muncul Di Mobile Legends! Legenda Nuswantara Makin Terungkap, Ternyata Gatotkaca... - Gravitasi
Dok. Istimewa: Rumus Hukum Gravitasi Universal.

Saat ini nilai gravitasi bumi sebesar 9,8 N/kg. Tetapi dengan adanya fenomena Gatotkaca, maka wajar jika pertanyaan tentang gravitasi dikaji ulang kembali. Ambil salah satu contoh adalah debu vulkanik.

Menurut ilmu fisika dan geologi, susunan bumi terbentuk berdasarkan penyatuan gaya-gaya konservatif, seperti gravitasi, magnet, dsb. Gaya-gaya ini akan mengatur susunan batuan dan tanah, sehingga jenis tanah dan batu yang berat pastilah berada di bawah, sedangkan yang ringan berada di atas.

Kembali ke debu vulkanik. Debu ini memiliki berat jenis yang sangat ringan. Maka, seharusnya debu ini berada di bagian atas susunanbumi. Tetapi nyatanya, material ini justru berada di dalam perut bumi.

Apakah munculnya Gatotkaca merupakan petunjuk bagi kita untuk memecahkan misteri gravitasi? Dan jika ada manusia yang bisa memecahkannya, bisakah mereka terbang seperti Gatotkaca? Lalu, apakah kotang antakusuma itu? Apakah kotang antakusuma merupakan teknologi yang mampu membuat manusia terbang?

  


EmoticonEmoticon