Senin, 24 Juli 2017

Kenapa Setiap Transaksi Bisnis Harus Dicatat? Ini Alasannya

Jangan meremehkan pencatatan keuangan dalam setiap transaksi bisnis karena itu akan mempengaruhi keuangan dan keputusan yang Anda ambil dalam pengembangan bisnis. Sepertinya pembukuan atau pencatatan keuangan terdengar ringan, tetapi dalam prakteknya Aktivitas ini sangat penting dan salah satu faktor utama dalam mengambil keputusan berbisnis.

Baca juga : Harus ada pernjian tertulis dalam setiap pekerjaan

Apa yang perlu dicatat dalam berbisnis? 


Seharusnya semua urusan bisnis harus dicatat terlebih lagi urusan keuangan yang melibatkan uang masuk dan keluar. Cashflow ini akan membantu kamu mengetahui keuangan dan kekuatan perusahaan. Dengan catatan yang rapi dan rinci maka kamu bisa mengetahui seberapa untung atau Dimana posisi perusahaan kamu.

catatan keuangan bisnis

Yang perlu dicatat adalah semua transaksi bisnis mulai dari pembelanjaan uang perusahaan, pemasukan, keuntungan dan lain-lain. Itu semua harus dicatat agar kamu tidak lepas kendali terhadap perusahaan yang sedang kamu kelola.

Apa yang terjadi jika tidak melakukan pencatatan keuangan 


Jika kamu tidak mencatatnya maka suatu saat kamu akan kehilangan informasi tentang perusahaan kamu. Meskipun uang cash flow di perusahaan sangat banyak tetapi kamu juga harus berpikir bahwa perusahaan juga harus membayar sejumlah uang sebagai modal ataupun biaya produksi. Akan menjadi bahaya sekali ketika kamu mengetahui keuangan perusahaan yang banyak, kemudian kamu akan bersikap boros dan membelanjakan untuk sesuatu hal yang tidak perlu. Dan secara tiba-tiba ada tagihan yang harus dibayarkan dan jumlahnya melebihi dari keuangan perusahaan.

Itu yang akan menjadi mimpi buruk bagimu.  Maka dari itu, segera mencatat setiap transaksi bisnis yang kamu kelola.


Apa yang digunakan untuk mencatat transaksi bisnis? 


Pada zaman dulu seorang pengusaha membuat catatan bisnis pada sebuah buku besar, tetapi zaman segera berubah dan kamu bisa menggunakan Microsoft Excel untuk membuat catatan keuangan. Dengan Microsoft Excel maka kamu bisa menyesuaikan dengan kebutuhan catatan keuangan perusahaan yang sedang kamu kelola. Syaratnya kamu harus mengerti tentang Microsoft Excel berikut dengan rumus yang cukup rumit. Jika kamu kesulitan maka kamu bisa mencarinya di internet ataupun membeli buku panduan Microsoft Excel

Tetapi jika hanya pembukuan sederhana seperti buku kas yang berisi debet kredit dan saldo maka saya merekomendasikan sebuah aplikasi online yang mampu mencatat semua transaksi sederhana tersebut.

Nama aplikasinya adalah akun.biz. Ini adalah aplikasi berbasis web dan mereka juga memiliki aplikasi berbasis Android dan iOS agar kamu bisa mencatat seluruh transaksi dimanapun kamu berada.

Saya juga menggunakan aplikasi akun.biz ini untuk mencatat transaksi sederhana di kantor dan saya Cukup puas dengan performa aplikasinya. Kita tidak perlu lagi membutuhkan buku tulis atau buku kas. Kamu juga bisa mencobanya saat ini juga karena aplikasi akun.biz ini bisa digunakan secara gratis. Meskipun ada opsi berbayar untuk menggunakan semua fiturnya


EmoticonEmoticon