Senin, 14 Agustus 2017

Cara Bikin Web/Blog Gratis Di Blogspot Dan Wordpress

Di era digital seperti saat ini, banyak sekali situs yang menyediakan web atau blog gratis. Sebut saja dua situs terkenal di dunia internet, yaitu blogspot dan wordpress. Masing-masing dari situs ini mempunyai kelebihan tersendiri.

Cara bikin web serta syarat untuk membuat blog pun sangat gampang. Kalian hanya perlu memiliki alamat email. Dengan begitu kalian sudah bisa membuat web atau blog.

Blogger Blogspot


Jika kalian sudah mempunyai email, langsung saja buka situs blogger. Situs ini merupakan penyedia layanan blogspot. Nantinya kalian akan melihat halaman awal blogger. Kemudian kalian klik atau pilih create your blog.

Cara Bikin Web/Blog Gratis Di Blogspot Dan Wordpress - Blogger/Blogspot


Setelah diklik, kalian akan dibawa ke halaman login email. Usahakan penyedia email kalian adalah google atau gmail. Jika sudah kalian masukkan alamat gmail, maka otomatis blog kalian sudah jadi. Kalian tinggal memberi nama domain dan mengatur tampilan blogspot tersebut.

Kelebihan dari blogspot atau blogger adalah penyedia layanan ini merupakan milik google. Jadi, secara tidak langsung, penggunaan platform ini akan berpengaruh positif dalam pemberian posisi dan ranking di mesin pencari google.

Selain itu, blogspot juga sangat mudah digunakan, alias user friendly. Bahkan, situs ini juga sangat seo friendly. Di dunia internet, seo memegang peranan sangat penting. Sebab, kebanyakan pengguna internet menggunakan mesin pencari untuk membantu pencarian mereka terhadap suatu artikel atau informasi yang berada di internet.

Wordpress


Selain blogger atau blogspot, kalian juga bisa membuat web/blog di wordpress. Caranya sangat gampang. Kalian cuma perlu menuju situs wordpress. Setelah itu pilih atau klik Get Started.

Kalian dibawa menuju pilihan template. Platform wordpress menyediakan empat template, yaitu blog, website, portfolio, dan online store.

Cara Bikin Web/Blog Gratis Di Blogspot Dan Wordpress - Wordpress


Kelebihan dari platform ini ada banyak. Diantaranya sangat mudah dikustomisasi. Kemudian platform ini juga menyediakan banyak theme dan plugin. Bahkan, yang tidak kalah menariknya adalah situs ini mampu membuat kategori dan subkategori yang tidak terbatas.

Situs ini juga mampu mengimpor data dari berbagai jenis situs, bahkan blogspot sekalipun.

Jadi, sudah tentukan pilihan kalian? Pilih saja salah satu yang cocok buat kalian. Jika ingin mencoba dua-duanya juga sangat boleh. Let’s surf the internet!


EmoticonEmoticon