Kamis, 24 Agustus 2017

Pengertian Program Komputer

Di era digital nan global ini banyak orang yang mengenal istilah program komputer. Tetapi jika kita mau jujur, sudahkah kita mengerti apa arti dan maksud dari program komputer? Bisa dibilang, dari sekian banyak orang yang tahu istilah tersebut, hanya sedikit orang yang memahaminya.

Orang hanya tahu bahwa yang dimaksud dengan program komputer adalah software atau perangkat lunak. Software ini biasanya digunakan untuk membantu kegiatan sehari-hari manusia di berbagai bidang. Diantaranya di bidang pendidikan, perusahaan, dan sebagainya.

Banyak yang tidak tahu bahwa hakikat sebenarnya dari software atau program komputer tersebut merupakan kumpulan kode-kode yang terstruktur yang ditulis menggunakan bahasa pemrograman tertentu, yang sudah dikompilasi menggunakan kompilator yang sesuai.

Jadi untuk memahami program komputer, maka kita juga harus memahami apa arti dari bahasa pemrograman dan kompilator.


Pengertian Program Komputer - Kompilator


Bahasa Pemrograman


Apa itu bahasa pemrograman? Secara mudahnya, bahasa pemograman merupakan kumpulan perintah yang berupa kata/rumus untuk menulis suatu kode program sehingga kode-kode tersebut dapat dikenali oleh kompilator.

Ada banyak bahasa pemrograman yang dapat digunakan. Diantaranya PHP, C++, C, Javascript, Phyton, dan sebagainya.

Kode-kode yang ditulis dalam bahasa pemrograman sering disebut dengan istilah keyword atau reserved word. Tentu saja untuk mempelajari satu bahasa pemrograman, kita harus memahami fungsi dan aturan penggunaannya. Alangkah lebih baik jika kita bisa menghafal semua reserved word di dalamnya.

Pengertian Program Komputer - Bahasa Pemrograman


Kompilator/Compiler


Jika ada bahasa pemrograman, pasti ada penerjemah bahasa program. Ya, itulah kompilator atau sering disebut dengan compiler. Jadi urutannya begini: kumpulan kode program yang ditulis menggunakan bahasa pemrograman tertentu akan diterjemahkan oleh kompilator ke bahasa assembly.

Kemudian, dari bahasa assembly tersebut, akan diterjemahkan lagi ke kode obyek yang perintah-perintahnya bisa dimengerti oleh komputer atau mesin. Dengan begitu, maka mesin atau komputer dapat melakukan permintaan sesuai dengan yang diperintahkan.

Satu hal yang harus diingat adalah bahasa pemrograman tertentu hanya dapat dikompilasi menggunakan kompilator tertentu. Sehingga sebuah kompilator hanya mengenali bahasa-bahasa tertentu saja.

Itulah pengertian dari program komputer, bahasa pemrograman, dan kompilator. Semoga kita menjadi lebih mengerti dan paham.