Saat ini, smartphone merupakan gadget yang paling diminati oleh publik Indonesia. Bahkan, ada yang menyebutkan bahwa gawai ini sudah menjadi kebutuhan primer. Sayangnya, masih banyak orang yang belum mengerti dan paham betul mengenai fitur, fasilitas, hingga kelebihan dan kekurangan gawai tertentu.
Maka dari itu, ada banyak hal yang harus kalian lakukan sebelum membeli sebuah gawai yang bernama smartphone. Ada banyak faktor atau variabel yang akan mempengaruhi seseorang mengapa membeli sebuah produk tertentu.
Variabel tersebut meliputi kondisi finansial, emosional, hingga kebutuhan. Meskipun untuk orang Indonesia, variabel “gengsi” adalah yang paling tinggi. Bagaimana menurut kalian?
1. Kebutuhan
Dengan begitu, maka pencarian terhadap gadget yang memiliki fitur tertentu bisa semakin spesifik. Sehingga kalian tidak membuang waktu untuk melihat-lihat smartphone yang tidak kalian butuhkan.
Hal seperti itu bisa berbahaya. Sebab kalian akan tergoda untuk membeli produk yang sama sekali berbeda dari yang kalian butuhkan.
2. Finansial
Setelah kebutuhan kalian sudah berhasil dideskripsikan dan dibuat daftar, maka yang harus kalian lakukan berikutnya adalah menyesuaikan dengan kondisi finansial. Dengan adanya penyesuaian ini, maka kebutuhan gawai atau smartphone yang kalian butuhkan menjadi lebih spesifik lagi.
Ini sangat memudahkan kalian dalam mencari gawai yang sesuai dengan kebutuhan dan kondisi finansial. Hal yang paling membuat galau dari proses ini adalah menemukan smartphone dengan fitur yang sama dan harga yang sama. Bila sudah sampai di tingkat ini, maka emosilah yang berbicara.
3. Emosional
Sisi emosional seseorang merupakan hal yang paling menentukan. Emosial seseorang itu bisa sangat beragam jenisnya, ada simpati, empati, senang, bahagia, bahkan gengsi pun masuk dalam kriteria ini.
Variabel inilah yang sering digunakan sebagai senjata pamungkas oleh para pengusaha atau perusahaan penjualan. Sebab, dengan memainkan emosi, maka hampir dipastikan, orang akan membeli produk yang ditawarkan.
Misalnya saja kalian sudah mencapai proses membandingkan beberapa smartphone dengan fitur sama dan harga yang sama. Maka emosional kalian akan berbicara mengenai gengsi dan kepercayaan publik terhadap suatu produk tertentu.
Sehingga, produk yang kalian pilih adalah produk yang diterima oleh masyarakat luas, supaya kalian juga bisa diterima dalam sisi emosional manusia dengan produk tersebut.
Mungkin inilah yang disebut sebagai publikasi emosional.
EmoticonEmoticon