Kamis, 12 Januari 2017

Menampilkan Best Seller dan Harga Termurah di Toko Online Wordpress

Tags

Selamat pagi,

Pagi ini saya akan membagikan tips bagaimana melakukan coding wordpress yang tujuannya adalah menampilkan produk best seller dan harga termurah. Ceritanya adalah kita menggunakan WordPress sebagai platform toko online, yang mana didalam situs tersebut ada atribut harga dan jumlah view suatu produk. Atribut ini disimpan didalam custom Field, sehingga kita akan menampilkan postingan berdasarkan urutan harga dan jumlah view nya.

Menampilkan Best Seller dan Harga Termurah di Toko Online Wordpress

Algoritmanya simple dan mudah dipelajari, sekarang kita akan mempraktekkan caranya agar bisa menampilkan sesuai dengan apa yang kita mau.

Saya menggunakan fungsi dari WP_Query() untuk menampilkan data tersebut. Kode untuk menampilkan produk best seller seperti dibawah ini

<?php
$args = array(
'meta_key' => 'post_views_count',
'orderby' =>'asc',
'posts_per_page' => '3',

);
$query = new WP_Query( $args );
?>

Sedangkan kode untuk menampilkan harga yang termurah seperti dibawah ini

<?php
$args = array(
'meta_key' => 'harga',
'orderby' =>'meta_value_num',
'order'=>'asc',
'posts_per_page' => '9',

);

$query = new WP_Query( $args );

?>

Agar bisa menampilkan secara mudah, kita membuat sebuah halaman yang bisa disebut dengan khas tempek. Kita harus membuat halaman ini melalui FTP, kemudian kita bisa menyetingnya di admin WordPress dashboard. Untuk lebih jelasnya bisa mengikuti tutorial dari WP Beginner nah ini.

Mudah sekali kan cara menampilkan harga termurah dan best seller. Tetapi untuk best seller kita hanya menampilkan berdasarkan jumlah view dari suatu produk tersebut. Saya rasa memang kurang efektif atau kurang akurat karena produk tersebut belum tentu dibeli oleh konsumen tetapi produk tersebut banyak dilihat oleh calon pembeli dan kemungkinan besar memang akan dibeli oleh konsumen. Mungkin lebih tepatnya kita menyebut dengan popular produk atau produk yang paling banyak disukai oleh konsumen.

Agar bisa akurat Sepertinya harus ada suatu sistem seperti shopping cart. Jadi shopping cart bisa merekam produk mana yang dibeli oleh konsumen. Jika Anda menggunakan woocommerce maka kita bisa mengetahui produk mana saja yang paling banyak dibeli, sekali lagi Sudah dibeli oleh konsumen dan menampilkannya dalam sebuah halaman.

Tapi hal itu tidak menjadi masalah. Yang penting kita menampilkan data sesuai dengan keinginan pengguna.

Begitulah tutorial singkat dan sederhana dari saya tentang Wordpress. Saya menulis ini agar saya tidak lupa dan jika tulisan ini berguna bagi teman-teman semua silahkan dibagikan ke sosial media anda. Terima kasih telah membaca artikel ini dan jangan lupa untuk membaca 7 atraksi salto yang keren


EmoticonEmoticon