Selasa, 22 Agustus 2017

Cara Convert Atau Menyimpan MS Word Ke PDF

Mungkin, selain pengetahuan menghidupkan dan mematikan komputer, microsoft word adalah software pertama yang sering kali diajarkan oleh guru informatika di Sekolah Dasar (SD) atau Sekolah Menengah Pertama (SMP).

Meskipun banyak orang, bahkan anak-anak sudah bisa mengoperasikan dan menggunakan microsoft word, tidak sedikit yang kurang mengetahui fitur dan fasilitas dari software ini.

Salah satunya jika ada tugas sekolah atau tugas kuliah. Guru dan dosen biasanya ingin makalah atau tugas tersebut dikumpulkan dalam format pdf. Sebab, ada beberapa keuntungan dan kelebihan format pdf.

Kelebihan File PDF


Berbeda dengan format atau file microsoft word (ms word), bila dibandingkan, tentu saja file pdf mempunyai banyak kelebihan. Diantaranya lebih aman dan bisa dikunci. Selain itu, jika file ini dibagikan atau didistribusikan ke komputer manapun, maka tampilannya akan sama. Jadi kita tidak perlu khawatir tentang missing font (perbedaan jenis font).

Cara Convert Atau Menyimpan MS Word Ke PDF - File PDF


Di samping itu, kelebihan lainnya adalah ukuran yang lebih kecil. Sehingga tidak akan memenuhi memori harddisk kalian. File pdf juga mampu menyimpan gambar dengan berbagai format warna, seperti CMYK dan RGB.

Apalagi netizen di zaman sekarang sering menggunakan smartphone mereka untuk membuka file. Kebanyakan file yang nyaman dibaca adalah pdf. Maka dari itu, simak tutorial berikut mengenai cara mengubah file microsoft word ke pdf.

Convert Microsoft Word Ke PDF


Untuk ms word tahun 2007 ke atas, kalian tidak perlu bersusah payah. Cara mengubah format ms word ke pdf sangatlah mudah. Caranya, kalian buka file ms word kalian. Setelah itu, pilih file dan klik.

Maka akan muncul berbagai pilihan. Pilih dan klik “Save As...”. Tampilan berikutnya seperti gambar di bawah ini. Ada berbagai format yang disediakan selain jenis pdf. Tetapi jika kalian ingin menyimpan file ini dapat bentuk pdf, silahkan pilih pdf.

Cara Convert Atau Menyimpan MS Word Ke PDF - Convert MS Word to PDF

Langkah selanjutnya adalah kalian tinggal mengklik tombol save. Dan file ms word kalian sudah berubah menjadi file pdf. Kalian bisa membuka file tersebut di komputer, laptop, ataupun smartphone kalian. Selamat mencoba!


EmoticonEmoticon