Sabtu, 05 Agustus 2017

Tips Dan Trik Cara Belajar Di Era Digital

Tulisan ini merupakan pengalaman pribadi penulis. Telah dikehendaki oleh orang tua dan Tuhan bahwa penulis lahir pada dekade 90-an dan merasakan peralihan zaman yang super cepat.

Dari saat pra Taman Kanak-Kanak (TK) hingga Sekolah Dasar (SD), penulis masih bisa merasakan permainan-permainan tradisional yang mengutamakan kebersamaan dan kolektivitas. Pada masa Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama (SLTP), mulai muncul permainan digital seperti Counter Strike.

Padahal, sebelum masuk SLTP, penulis sama sekali tidak tahu konsep tentang komputer. Jadi, ektrakurikuler komputer di sekolah yang mengenalkan piranti tersebut kepada penulis.

Hingga masuk Sekolah Menengah Atas (SMA), pemahaman dan pembelajaran tentang komputer hanya terkait dengan microsoft word, microsoft excel, dan browser untuk mengakses dunia internet.

Baru saat penulis masuk ke universitas, penulis disuguhkan berbagai macam fungsi dan peran yang bisa dilakukan oleh komputer. Platform satu ini ternyata mempunyai banyak manfaat yang bisa digunakan untuk membantu kerja-kerja harian akan kebutuhan manusia.


Belajar Gratis Dengan Internet


Bila pada zaman dulu, membuka usaha kursus atau pelatihan merupakan hal yang sangat menguntungkan. Tetapi, semenjak masuknya platform komputer yang canggih dan koneksi internet yang cepat, maka kita bisa belajar dimana saja. Apalagi, saat ini banyak sekali spot wifi publik.

Sebelum belajar melalui dunia maya atau internet, alangkah lebih baik jika kita membuat daftar apa yang akan dipelajari. Berdasar pengalaman penulis, dunia internet sangat banyak godaan. Jika kita tidak fokus dan konsentrasi, maka kita bisa membuang waktu kita secara percuma karena tergoda untuk bermain sosial media.

Tips Dan Trik Cara Belajar Di Era Digital - Internet


Belajar Bahasa Inggris


Bahasa yang satu ini wajib dipelajari terlebih dahulu. Tidak harus sampai mahir, setidaknya kalian bisa cukup mengerti karakteristik bahasa ini. Apalagi, sekarang sudah ada google translate, maka penerjemahan bisa semakin mudah.

Penguasaan Bahasa Inggris mutlak diperlukan karena saat ini bahasa tersebut masih disepakati sebagai bahasa internasional. Sehingga banyak orang yang menulis dengan menggunakan bahasa tersebut.

Manfaat praktis dari belajar bahasa ini adalah kita mampu membaca artikel atau melihat serta mendengar video yang berisi tutorial atau pelatihan.

Banyak sekali aplikasi yang bisa digunakan untuk belajar bahasa ini. Bahkan kalian bisa melakukan kontak serta interaksi langsung dengan orang-orang asing lewat video call melalui skype, google hangout, dan sebagainya.

Belajar Hal Yang Dibutuhkan


Cara belajar paling cepat di dunia internet adalah belajar hal-hal yang dibutuhkan. Jika kalian merupakan seorang pelajar atau mahasiswa tata boga, maka alangkah baiknya jika kalian menonton video-video proses memasak. Selain itu kalian juga bisa mencari artikel mengenai resep makanan dan koki atau chef terkenal kelas dunia.

Setelah kalian belajar hal yang dibutuhkan, yang dapat dipergunakan untuk menunjang kebutuhan hidup. Maka untuk mempersiapkan masa depan yang lebih baik, kalian harus mempelajari hal-hal yang belum dikuasai. Jadi, kalian harus mempunyai banyak kemampuan dan keahlian.

Dalam menentukan hal apa yang akan dipelajari, alangkah lebih bijaksana jika kalian mencari tahu melalui perkembangan media dan teknologi yang selalu diupdate di internet. Sehingga dari pembacaan teknologi, kita bisa tahu kebutuhan atau kemampuan apa yang akan dibutuhkan pada masa-masa mendatang.


EmoticonEmoticon