Senin, 31 Juli 2017

Gila! Cara Cepat Mining Bitcoin! Begini Caranya...

Dalam beberapa tahun terakhir ini publik di Indonesia dihebohkan dengan fenomena bitcoin. Banyak pakar yang menyebutkan bahwa alat tukar (uang) virtual ini nilai tukarnya akan melebihi emas. Dan ternyata ramalan tersebut terbukti pada bulan Maret 2017.

Di bulan tersebut, pada 2 Maret 2017, nilai tukar bitcoin berhasil menyamai emas. Tepatnya mencapai nilai 1.252 dolar Amerika. Saat itu nilai tukar emas sedang turun ke angka 1.241 dolar Amerika. Bila dipersentasekan penurunan emas mencapai 0,7 persen.

Di bulan Juli ini bitcoin sedang mengalami penurunan. Tetapi menurut ramalan dari hasil analisis data dan statistik, maka diperkirakan bahwa pada akhir tahun 2017 atau awal tahun 2018 nilai bitcoin akan naik drastis.

Maka dari itu segera mining dari sekarang!

Sejarah Bitcoin


Pada tahun 2009, seorang jenius menciptakan sebuah mata uang virtual yang bernama bitcoin. Jenius tersebut bernama Nakamoto Satoshi.

Gila! Cara Cepat Mining Bitcoin! Begini Caranya... - Bitcoin


Jenis mata uang ini dibuat mengunakan software open source dan menggunakan jaringan peer to peer. Jadi dengan menggunakan dua hal tersebut, maka sistem kerja dari mata uang ini tidak berdasar administrator tunggal. Sedangkan mata uang dunia pada umumnya menggunakan administrator tunggal.

Karena sistem yang tidak tunggal ini, Departemen Keuangan Amerika Serikat sempat memberi label bitcoin sebagai mata uang yang terdesentralisasi.


Setiap Orang Adalah Bank


Sistem kerja bitcoin ini membuat setiap orang (mesin) berlaku dan berperan sebagai bank. Karena yang digunakan adalah database yang didistribusikan ke jurnal transaksi dari node-node jaringan P2P.

Sebagai sarana pengamanan, digunakanlah kriptografi. Dengan alat tersebut, maka bisa dipastikan bahwa bitcoin hanya digunakan oleh pemiliknya. Selain itu, mata uang virtual ini cuma digunakan sekali pakai.

Kelebihan lain dari bitcoin adalah penggunanya dapat menyembunyikan identitasnya, atau tidak dikenal (anonymous). Sehingga tidak bisa dilacak. Hal ini sangat berbeda dengan dunia perbankan saat ini.

Cara Mining Bitcoin


Untuk menambang (mining) bitcoin, saat ini ada banyak cara yang bisa dilakukan. Sebelum nilai tukar bitcoin naik drastis, dulu sangat dikenal istilah faucet.

Gila! Cara Cepat Mining Bitcoin! Begini Caranya... - Mining Bitcoin
Dok. Istimewa: Mesin Mining Bitcoin.


Faucet merujuk pada situs-situs yang memberikan bitcoin gratis secara cuma-cuma, dalam artian diharuskan melihat iklan selama 30 detik atau mengisi captcha. Dulu besaran bitcoin (tepatnya satoshi) yang diberikan lumayan besar. Tetapi karena nilai tukarnya naik akhirnya sekarang menjadi kecil dan mulai ditinggalkan.

Kemudian ada cloud mining. Pada zaman dulu cloud mining yang bernama Genesis merupakan situs cloud mining yang paling besar dan terpercaya. Sayangnya, seiring dengan naiknya bitcoin, situs ini memilih untuk mining bitcoin untuk dirinya sendiri.

Sebenarnya, istilah mining atau menambang bitcoin bukanlah mencari bitcoin. Sebab, bitcoin di seluruh dunia ini jumlahnya terbatas. Tetapi untuk mensiasatinya, dibutuhkan penambang virtual atau energi yang digunakan untuk menambang. Energi ini disebut dengan hashrate.

Saat ini, untuk membuat satu mesin dibutuhkan dana (estimasi) sebesar 50 juta rupiah. Apalagi hardware radeon dikabarkan stoknya masih kosong dan harus inden terlebih dahulu.

Meskipun lama, tetapi hal yang paling masuk akal saat ini adalah dengan membuat mesin sendiri.


EmoticonEmoticon