Rabu, 19 Juli 2017

Akhirnya Terkuak! Pesan Rahasia Atlantis Dalam Film Wonder Woman, Ternyata Pesannya...

Film yang dibintangi oleh Gal Gadot ini mendapat sambutan yang meriah di Indonesia. Film ini telah berhasil mengubur hidup-hidup The Mummy, membuat tenggelam kapten Jack Sparrow, dan membuat Transformer hanya seperti kaleng rongsokan. Ternyata memang ada fakta menarik dalam film ini.

Pada mulanya film ini memiliki setting tempat di pulau Paradise, tepatnya kerajaan Amazon. Dalam review atau sinopsis film ini, pasti sudah dijelaskan hingga panjang lebar dan detil, sayangnya banyak review yang melewatkan satu poin penting. Padahal itu merupakan pesan tersembunyi dari Atlantis.

Pesan dari Atlantis ini ada pada saat segmen Diana (Gal Gadot) sedang berlatih tanding dengan Jendral Antiope yang diperankan oleh Robin Wright. Ketika pertandingan sudah berakhir, tiba-tiba ada pesawat jatuh ke lautan pulau tersebut.

Pesawat tersebut dikendalikan oleh seorang prajurit intelijen Amerika untuk Jerman yang bernama Steve Trevor. Peran ini dimainkan oleh Chris Pine. Saat itu pasukan yang mengejar Steve Trevor berada di ambang batas antara dunia “nyata” dan dunia pulau paradise. Seolah ada sekat antardimensi yang berwujud seperti kabut pekat.

Akhirnya Terkuak! Pesan Rahasia Atlantis Dalam Film Wonder Woman, Ternyata Pesannya... - Gal Gadot
Dok. Istimewa: Gal Gadot pemeran Diana dalam film Wonder Woman.

Babad Wana Marta

Fragmen film tersebut sangat mirip dengan kisah pemayangan yang ada di Jawa. Dalam kisah pewayangan yang berjudul Babad Wana Marta, diceritakan bahwa Ditya Kala Sapujagad, yang merupakan patih dari bangsa kajiman, menggunakan Aji Jala Sutra untuk menangkap para pandawa.

Seluruh pandawa berhasil masuk ke perangkap tersebut kecuali Arjuna. Oleh Begawan Wilawuk, sang pemanah ini diberikan minyak Jayengkaton supaya dapat melihat Aji Jala Sutra. Dengan demikian, Arjuna bisa melihat Aji Jala Sutra tersebut dan menolong saudaranya.

Kisah kuno ini pun memberikan kita informasi mengenai Atlantis, sama seperti di film Wonder Woman, hanya saja pengemasannya lebih modern. Jika dicermati, Aji sering dipersepsikan sebagai kesaktian atau hal mistik. Tetapi dalam konteks Atlantis, lebih tepat jika Aji ini dipahami sebagai teknologi.

Kemudian Jala Sutra merupakan gabungan dari dua kata, yakni jala dan sutra. Jala mempunyai arti alat untuk pembatas, atau sebuah benda yang berbentuk rangkaian perangkap untuk menangkap sesuatu. Sedangkan sutra merupakan jenis kain yang sangat halus.

Jenis kain ini bila digosok dengan plastik maka akan menimbulkan efek elektrostatik. Selain itu, kain sutra yang sudah bermuatan elektrostatik tersebut jika didekatkan ke leher maka akan membuat bulu kuduk berdiri. Efek ini juga sama bila kita mendekati tempat yang dianggap angker atau wingit.

Akhirnya Terkuak! Pesan Rahasia Atlantis Dalam Film Wonder Woman, Ternyata Pesannya... - Pandawa
Dok. Istimewa: Pandawa dalam kisah wayang.

Fungsi Aji Jala Sutra

Sebenarnya, fungsi dari Aji Jala Sutra adalah untuk merefleksikan bayangan yang terdapat pada 400 kilomenetr di belakang layar Aji Jala Sutra tersebut. Di samping itu, tepat beberapa centimeter di depan ajian tersebut sudah terpasang sistem teleportasi aktif. Sehingga batas layar akan susah tersentuh oleh pihak luar.

Bila dikaitkan dengan film Wonder Woman, bisa dikatakan Aji Jala Sutranya tidak memiliki sistem teleportasi aktif. Tentu saja ini merupakan kecerobohan dari sebuah peradaban/pulau yang ingin menyembunyikan diri.

Tetapi bisa juga ini merupakan pesan dari Atlantis yang ingin menunjukkan dan mengajari kita tentang Aji Jala Sutra. Sehingga dalam film tersebut, sistem teleportasi aktif yang biasa berada di depan ajian tersebut ditiadakan. Sehingga pesawat milik Steve Trevor bisa memasuki wilayah tersebut.

Pesan Lain

Akhirnya Terkuak! Pesan Rahasia Atlantis Dalam Film Wonder Woman, Ternyata Pesannya... - Bathara Kala
Dok. Istimewa: Bathara Kala putra dari Bathara Guru.

Selain menyampaikan petunjuk tentang teknologi yang bernama Aji Jala Sutra, film Wonder Woman juga memberikan pesan yang lain. Pesan ini terkait dengan mitos, dimana ada Dewa-Dewa dan mereka bisa menyamar menjadi manusia. Diana adalah putri dari Zeus, dan Ares (putra dari Zeus) bisa menyamar menjadi manusia.

Dalam khazanah Jawa, memang ada konsep ngejawantah dan titisan. Hal ini bisa dilakukan oleh seluruh dewa, baik yang jahat dan baik.

Misalnya saja Bathara Kala. Ia merupakan salah satu putra dari pemimpin tiga jagat, yakni Bathara Guru. Pasukannya terkenal dengan nama baju barat. Pasukannya ini bisa menyamar menjadi manusia dan membuat kekacauan di bumi.

Apakah ini menjadi pesan dari Atlantis bahwa akan terjadi perang besar? Dan pihak yang dihadapi bukan hanya manusia, melainkan juga para drubiksa dan bekasakan?

Untuk melihat pesan Atlantis lainnya terkait teknologi, silahkan tonton film Tomorrow Land dan Midnight Special.


EmoticonEmoticon