Jumat, 28 Juli 2017

Cara Belajar HTML, CSS, Bootstrap, Dan PHP

Saya baru seminggu ini belajar html, css, bootstrap, dan php. Bisa dibilang belajar front end dan back end dalam desain website sangat menyenangkan. Bahkan tiap malam saya selalu utak-utik code editor di laptop.

Mengapa belajar desain web? Secara pragmatis, saat ini kebanyakan pekerjaan orang Indonesia telah bergeser ke media daring. Banyak yang menjadi bloger, web desaigner, atau youtuber.

Untuk belajar desain web, ada tiga hal yang wajib diketahui. Tiga hal tersebut adalah html, css, dan php. Mengapa harus belajar tiga hal itu? Sebab, bila diibaratkan sebagai tubuh, maka html itu adalah tulang dan dagingnya. Kemudian css adalah baju atau pakaian. Terakhir adalah php sebagai otak, atau proses berpikirnya.

Jadi dengan belajar desain web, sebenarnya kita belajar tentang manusia. Karena kita akan mengetahui bagaimana cara berpikir manusia. Tetapi masih ada satu hal yang tertinggal, yaitu bootstrap.

Apa itu bootstrap? Secara gampang, bootstrap merupakan kumpulan css yang sudah tersusun rapi. Jadi bisa dikatakan bahwa bootstrap merupakan almari pakaian.


Cara Belajar HTML, CSS, Bootstrap, Dan PHP - Bahasa Program
Dok. Istimewa: Jenis ekstensi.

Cara Belajar


Ada banyak cara untuk belajar empat hal di atas. Jika kalian mempunyai uang atau dana yang berlebih, kalian bisa mengikuti kursus web desain. Dengan mengikuti kursus maka kalian memiliki guru yang bisa membantu mengarahkan pembelajaran.

Tetapi, bagaimana jika tidak punya uang? Jangan khawatir. Di era internet seperti sekarang ini kalian bisa belajar dengan mudah dan cepat. Satu hal yang sangat diperlukan, yaitu niat.

Melalui google kalian bisa menemukan ribuan situs yang membahas tentang html, css, bootstrap, dan php secara rinci cum detil. Jadi kalian hanya membutuhkan koneksi internet. Tetapi, kekurangan dari cara ini adalah tidak ada orang yang mengarahkan, sebab pembelajaran bersifat satu arah.

Tetapi kekurangan tersebut bisa diakali dengan cara bergabung di forum-forum yang berkonsentrasi pada desain web.

Di samping itu, pada dekade ini kalian bisa memanfaatkan portal video paling besar di dunia, yaitu YouTube. Banyak sekali video tutorial yang diunggah di situs ini. Jadi kalian bisa memilih sendiri tutorial yang cocok dengan kebutuhan.

YouTube Lebih Unggul


Kompetensi dasar manusia dalam belajar terdiri dari empat hal, yaitu melihat, mendengar, menyimak, dan melakukan (praktik). Jadi pembelajaran dengan menggunakan media audio visual lebih unggul bila dibandingkan dengan tulisan dan gambar saja.

Penulis dalam seminggu ini belajar melalui channel YouTube Web Programming UNPAS. Menurut penulis, channel ini sangat lengkap dan komprehensif dalam memberikan materi. Cara pengajarannya pun sangat enak dan nyaman.

Jadi kalian tidak hanya asal bisa saja. Tetapi kalian benar-benar akan memahami apa yang dimaksud dengan html, css, bootstrap, dan php, serta bagaimana cara mereka bekerja pada browser atau komputer.

Selain itu, di channel tersebut juga ada tutorial tentang javascript dan sublime text. Javascript merupakan bahasa pemrograman, sama seperti php. Hanya saja algoritma dan penerapannya yang berbeda.

Kemudian, sublime text merupakan code editor yang banyak digunakan oleh para programmer. Selain mudah, sublime text memiliki fitur-fitur yang memudahkan penggunanya.

Apakah kalian sudah tidak sabar untuk koding? Segera saja kunjungi channel YouTube di bawah ini.





EmoticonEmoticon